Thursday, September 13, 2012

Hunting Kerjaan! Petualangan Pengangguran & Warga Ilegal, Part 1 Langsung End (Hopefully)

Skripsi: selesai. Sidang: selesai. Wisuda: jadwalnya belum keluar. Kontan, jadilah saya pengangguran. San saat ini saya bisa dibilang warga Jakarta ilegal karena masa berlaku KTPnya udah expired sejak 6 September kemarin (e-KTP kok nggak jadi-jadi sih ini? -_-).

Jadi karena segala urusan studi udah selesai, selama dua hari ini saya ngacir ke Job Expo yang diadain sama Binus. Tujuannya, of course buat nyari kerjaan... dengan berbekal surat lamaran, CV, contoh tulisan yang semuanya berasal dari FFC (Final Fantasy Crystalesia), transkrip nilai, sama sertifikat kepanitiaan dan seminar.

Meski empat tahun kuliah di Binus, jujur, saya nggak pernah dateng ke Job Expo. Jadi rada kagok juga saya, nggak tau cara registrasi dan ngajuin lamaran ke perusahaan-perusahaan yang ada di sana. Untungnya cara regis dan ngajuin lamarannya nggak ribet :D

Sebelum sempet muter-muter area Job Expo, saya yang tadinya dateng sendirian ketemu sama Cicil alias Apeng, yang ternyata juga lagi nyari kerjaan bareng temennya, Nyit-Nyit. Terus pas makan siang, menyusul juga si Teta. Asik, jadi ada temen senasib ^o^

Singkat cerita, saya ngajuin lamaran ke: Kompas Gramedia, Tokopedia, Femina Group, sama Metro TV.

Di Kompas Gramedia, saya ngelamar jadi reporter. Alasannya karena saya udah ada basic di situ selama jadi penulis berita di FFC, nulis berita ada tantangan dan keasikannya tersendiri, terus karena kantornya itu deket banget dari rumah (kayaknya cuma lima menit lebih kalau pake motor). Pas hari kedua Job Expo, saya juga agak minat juga penerjemah freelance. Jadilah saya nyambangin booth Kompas Gramedia buat ngelamar lagi. Tapi yang bikin saya agak was-was, pas mbak penjaga booth-nya nyari CV saya lagi, nggak ketemu-ketemu, OTL. Dan karena booth makin rame, saya bilang bakal balik lagi nanti. Tapi pas saya balik (abis dari ngurusin lamaran ke tempat lain), booth-nya udah tutup, orz. Kesimpulan: pasrahkan pada nasib dan positive thinking (siapa tau CV saya cuma nyelip doang).


Lamaran saya yang kedua berlabuh ke Tokopedia. Jujur, saya nggak pernah kepikiran bakal ngelamar di toko online (target saya kerja di majalah). Tapi waktu ngeliat posisi content editor: toys & hobbies, dan salah satu syaratnya "mengakui diri dan bangga sebagai seorang otaku," langsung berminatlah saya. Pikir saya, "Ini persyaratannya kok unik banget ya?" Lagian saya juga emang suka anime-manga-game. Kayaknya asik nih kalau kerja di bidang yang jadi hobi saya. Dan sama kayak Kompas Gramedia, lokasi kantornya yang deket rumah juga saya jadikan pertimbangan.

Yang ketiga, Metro TV. Saya juga nggak kepikiran sama sekali bakal ngelamar ke sini, soalnya ini kan TV, bukan majalah. Awalnya saya cuma nemenin Cicil, Nyit-Nyit, sama Teta yang ngelamar ke situ. Tapi, terus saya liat ada posisi jurnalis. Saya iseng-iseng nanya aja sama Aling yang kebetulan jadi penjaga booth-nya. Aling bilang, "Tes kamera dulu ya." Kaget pula saya. Dan karena saya nggak fotogenic, apalagi videogenic, saya nanya, "Ada yang kerjanya di belakang kamera, nggak?" Kata Aling ada staf produksi yang nulis berita di belakang layar. Saya pikir boleh juga dicoba. Dan, again, karena pertimbangan lokasi kantornya yang deket rumah.

Ada untungnya juga saya tinggal di kawasan Kebon Jeruk. Kompas Gramedia, Tokopedia, sama Metro TV kantornya di sana semua. Hoho.

Femina Group. Nggak mungkin saya ngelewatin kesempatan buat ngelamar di salah satu perusahaan media besar di Indonesia itu. Buat Femina Group, saya agak maruk juga ngelamarnya. Tiga posisi sekaligus yaitu editor, multi-media journalist, sama interactive media editor. Bukan asal tembak kok, hehe. Editor sama jurnalis kan emang udah lumayan familiar karena saya jadi penulis berita di FFC. Hari ini saya sama Teta nonton presentasi pengenalan Femina Group dan ikut psikotes. Setelah presentasi, saya pikir asik ya kalau kerja di sini. Cakupannya bukan melulu di majalah aja, tapi merambah ke radio sama TV juga. Bakal nambah banyak pengetahuan baru nih, kalau misalnya saya diterima kerja di sana. Cerita dikit soal psikotes: ada sesi yang disuruh ngegambar objek apa aja dari garis-garis yg disediakan di soal. Ada dua garis yang bentuknya kayak huruf T. Tebak saya gambar apa? Pedang. Ini kayaknya gara-gara saya kebanyakan main RPG, wkwkwkw.

Yak, jadi itulah petualangan kecil saya selama nyari kerjaan di Job Expo~

4 comments:

  1. Hi Kristy! Kamu kemarin ikut jobexpo binus n ikut psikotes femina ya? Kira2 pengumumannya kapan ya? Soalnya aku juga ikut psikotesnya, tapi gak tau kapan diumumin hasilnya. T.T

    ReplyDelete
  2. Halo, Tania :)

    Iya, saya kemarin ikut psikotes Femina yg di Job Expo. Saya juga nggak tau pasti kapan pengumumannya sih^^ Tapi kata orang Feminanya, nanti ditelpon kok :D

    ReplyDelete
  3. wkwkwk, yg soal gambar pedang kok bisa sama yah kayak gw (hubungan batin kah? plak!),
    emang kita berdua dah keracunan RPG kli yak? Hidup RPG!! XDD

    Btw, soal warga ilegal. Situ masih mending sim masi idup. Lah gw, dah ktp mati, sim juga mati. Komplit dah lol

    Istilahnya jadi klo situ masi 50% warga ilegal, gw 100% warga ilegal, wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. Pedang itu keren, muahahaha!
    Nyaa, akhirnya e-KTP udah jadi )setelah sekian lama)...

    ReplyDelete